5 Ciri Khas Motif Batik Cirebon

05 September 2020 - Kategori Blog

5 Ciri khas motif batik Cirebon

Desa Trusmi, Cirebon merupakan salah satu sentra dari empat sentra industri batik di Jawa Barat. Cirebon merupakan sentra batik tertua yang memberikan pengaruh terhadap ragam pola batik di sentra-sentra industri batik lain di Jawa Barat.

Ciri khas motif batik Cirebon yang paling terkenal dan menjadi ikon Cirebon adalah motif Mega Mendung. Motif ini melambangkan awan pembawa hujan sebagai lambing kesuburan dan pemberi kehidupan, selain itu ada juga motif Paksinaga Liman, Patran Keris, Singa Payung, Singa Barong, dan sebagainya.

Ornamen batik Cirebon cukup bervariasi, karena selain dikembangkan oleh keluarga keraton dan masyarakat yang setia kepada sultan, masyarakat Cirebon juga memiliki karakter terbuka terhadap budaya asing.

Ornamen yang dihasilkan misalnya ornamen Paksi Naga Liman yang memperoleh pengaruh dari Persis, Soko Cino dari Keramik Cina, dan Buraq dari Arab.

Batik cirebon juga berani menggunakan warna – warna terang seperti ungu, biru, kuning, merah, hijau, merah muda, bahkan warna putih pun sering digunakan.

Namun secara garis besar, ciri khas motif Batik Cirebon dapat digolongkan menjadi lima jenis, apa saja itu? simak penjelasan singkat dibawah ini :

1. Motif Wadasan

Uzbatik Ciri Khas Motif Batik Cirebon - batik motif wadasan

Wadasan berasal dari Wadas, dalam bahasa cirebon berarti batu karang atau batu cadas, motif ini terispirasi dari karang yang banyak ditemukan di wilayah cirebon yang notabene cirebon berada pada pesisir pantai.

2. Motif Byur

Uzbatik Ciri Khas Motif Batik Cirebon - batik motif byur

Motif batik ini ditandai dengan ornamen bunga dan dedaunan kecil yang mengelilingi ornamen pokok secara penuh dan biasanya memiliki warna – warni yang beraneka warna, misalnya adalah Karang Jahe, Mawar Sepasang, Dara Tarung, dan Banyak Angrum.

3. Motif Pangkaan atau Buketan

Uzbatik Ciri Khas Motif Batik Cirebon - batik motif buketan

Motif Pangkaan atau buketan merupakan motif yang menampilkan daun – daunan lengkap dengan batangya, Buketan berasal dari bahasa Perancis Bouquet yang berarti rangkaian bunga.

4. Motif Geometri

kain batik tulis angkin benji

Motif geometris adalah motif batik dengan ornamen susunan geometris dengan ciri khas berbentuk seperti ilmu ukur biasa, seperti segiempat yang panjang atau lingkaran, contoh: Ganggang, Kawung , golongan Banji, Ceplok. Pada motif ini juga ada yang tersusun dalam garis miring, sehingga bentuknya berbentuk belah ketupat, seperti contohnya: golongan parang dan udan liris.

5. Motif Semarangan

Uzbatik Ciri Khas Motif Batik Cirebon - batik motif semarangan

Motif Semarangan menampilkan penataan ornamen yang sama atau motif ulang yang ditata agak renggang, misalnya adalah motif Piring Selampad dan Kembang Kantil.
yash! secara garis besar itulah motif – motif yang menjadi khas dari batik Cirebon, Kamu sudah punya batik yang mana saja ?  🙂

 

, , , , , , , , , ,

 
Chat via Whatsapp